Pelatihan Kader Posyandu tentang PHBS Rumah Tangga di Kecamatan Gunung Halu Tahun 2019

Gerakan masyarakat hidup sehat adalah gerakan bersama yang memiliki tujuan mulai menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik kesakitan, kematian maupun kecacatan, menghindarkan keterjadinya produktifitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dikalukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa untuk itu gerakan masyarakat hidup sehat atau (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Peningkaatan perilaku hidup bersih dan sehat serta peningkatan kualitas lingkungan merupakan kegiatan utama dalam mewujudkan gerakan masyarakan hidup sehat. Untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta lingkungan perlu gerakan yang melibatkan individu kelompok maupun masyarakat.

Tokoh masyarakat dan aparat desa merupakan salah satu kelompok yang sangat berperan penting dalam peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat serta kualitas lingkungan, karena tokoh masyarakat dan aparat desa merupakan aparat pemerintahan terdekat dengan masyarakat yang bertugas mengembangkan masyarakat salah satunya dalam bidang kesehatan. Tokoh masyarakat dan aparat desa turut membantu tenaga kesehatan dalam kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative yang diselenggarakan oleh tenaga kesehatan termasuk di dalam nya mendorong dan memberikan informasi/edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan lingkungannya.

Adapun peserta dari pelatihan ini sebanyak 130 peserta terdiri dari kader posyandu se-kecamatan Gununghalu

Dengan materi tentang sosialisasi GERMAS, PHBS rumah tangga dan pencegahan DBD.